Senin, 29 Desember 2014

Ini Penampakan Tumpahan Minyak di Perairan Tanjung Pandan

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jakarta - Pesawat Hercules Alpha 1319 milik TNI AU kembali menyusuri Perairan Tanjung Pandan setelah mendapat informasi adanya tumpahan minyak di wilayah tersebut. Ini penampakannya.

Tampak dari pesawat Hercules ada lingkaran bias pelangi di lautan. Ada dua lingkaran tak beraturan, satunya besar, satunya kecil. Penampakan minyak ini ditemukan saat pesawat menyusuri bagian timur Tanjung Pandan, Belitung.

Pencarian tumpahan minyak dilakukan antara pukul 14.00-14.40 WIB, Senin (29/12/2014). Pada sekitar pukul 14.35 WIB, dari jendela kokpit terlihat adanya titik tumpahan minyak. Di sekitarnya pun terpantau adanya pergerakan pesawat Hercules dan kapal laut di perairannya, namun belum dapat dipastikan apakah armada-armada tersebut juga melakukan operasi yang sama atau tidak.

Menurut kru pesawat, jika air nampak berwarna seperti pelangi, itu berarti ada minyak yang jatuh di perairan. Saat dikonfirmasi lokasi wilayah tersebut, navigator pesawat Hercules Mayor Djoko Purnomo menyatakan daerah itu masuk di wilayah Selat Karimata.

"Masuk Selat Karimata, perairan Tanjung Pandan sebelah timur," ungkap Djoko kepada wartawan di cockpit Hercules yang berangkat dari Halim Jakarta Timur pagi tadi itu.

Kendati demikian, belum bisa dikonfirmasi apakah tumpahan itu berasal dari pesawat AirAsia yang hilang atau kapal yang mondar-mandir di sekitarnya.



(Foto: Istimewa/Solikhin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar