Senin, 15 Desember 2014

16-12-1971: Cikal Bakal Terbentuknya Bangladesh

Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi warga Bangladesh. Sebab pada hari ini, 16 Desember tahun 1971 adalah awal dari cikal bakal terbentuknya negara Bangladesh.

Dua pekan setelah India menginvasi wilayah bagian Timur Pakistan, kenyataan pahit harus diterima Pakistan. Tentara mereka yang berjumlah 90 ribu harus menyerah terhadap pasukan India di wilayah tersebut.

Kekalahan itu begitu menyakitkan bagi Pakistan. Pasalnya, kekalahan tersebut berakibat pada langkah Pakistan Timur yang resmi memisahkan diri dari negaranya dan mendeklarasikan diri sebagai Bangladesh.

Semenjak Inggris mengakhiri kekuasaannya pada 1947 dari Barat dan Timur Pakistan kerap berseteru. Perbedaan budaya serta adanya negara India yang memisahkan barat dan timur ini semakin memicu dan membakar semangat Timur Pakistan untuk merdeka.

Sebenarnya sebelum peperangan itu pecah, pada Bulan Maret tentara Pakistan Timur sudah memploklamirkan negara Bangladesh. Tapi hal itu tak berlangung lama, Pakistan segera mengambil tindakan dan melakukan serangan ke daerah itu.

Namun, Bangladesh tampaknya harus banyak berterima kasih kepada India. Kalau tidak ada bantuan dari negara tersebut sulit rasanya negara Bangladesh bisa berdiri sampai sekarang ini.

Walau mendapat bantuan India, jalan panjang tetap harus dilalui Bangladesh, banyak warga terbunuh jutaan orang mengungsi menjadi harga mahal yang harus di bayar Bangladesh.

Tetapi perjuangan Bangladesh akhirnya membuahkan hasil. Pada 1974 Pakistan akhirnya resmi mengakui kemerdekaan dan kedaulatan negara Bangladesh.

Selain peristiwa ini, di tanggal yang sama juga terjadi satu peristiwa besar lagi. Gempa bumi yang terjadi di Provinsi Gansu China menjadi salah satu gempa terdahsyat yang pernah terjadi.

Gempa ini berkekuatan 8,5 skala ritcher (SR). Lebih mengenaskannya lagi korban jiwa bencana tersebut mencapai 200 ribu orang. (Riz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar