Senin, 17 November 2014

Penyiar TV Australia Tidak Ganti Jas Setahun

BBCIndonesia.com - detikNews
Karl Stefanovic memakai jas biru itu pada 7 November
Seorang pembawa acara televisi Australia mengatakan ia memakai jas biru yang sama di layar kaca selama 12 bulan dan tak ada orang yang menyadarinya.

Karl Stefanovic mengenakan setelan jas itu untuk mengangkat isu tentang seksisme yang dihadapi oleh kolega-kolega perempuannya.

"Tidak seorang pun yang menyadarinya," kata Stefanovic. "Tetapi [kolega] perempuan, jika mereka memakai warna yang salah, mereka langsung dihujat. Mereka mengatakan hal yang salah, dan langsung ada ribuan tweet yang ditulis tentang mereka."

Stefanovic adalah pembawa acara di Today, program pagi di Channel Nine.

Ia juga memakai jas itu di setiap jadwal siarannya pada bulan Oktober

Ia sudah menjadi penyiar dan wartawan selama dua dekade, ia juga sudah berpartisipasi dalam beragam acara kuis selebriti di Australia.

Ia mengatakan kepada harian The Age bahwa rekannya sesama pembawa acara, Lisa Wilkinson, mendapat banyak pesan dari pemirsa dan komentar tentang pilihan busananya.

"Perempuan mendapat penilaian yang jauh lebih kejam dan lebih sering untuk apa yang mereka lakukan, apa yang mereka katakan dan apa yang mereka pakai," kata Stefanovic.

Stefanovic memakai jas itu untuk 'memberi gelar kebangsawanan' pada editor Today Richard Wilkins Juni lalu

"Saya memakai jas yang sama di depan layar selama satu tahun untuk membuktikan maksud saya."

"Saya dinilai dari wawancara saya, dari selera humor saya, dan bagaimana saya melakukan pekerjaan saya. Sedangkan perempuan justru sering dinilai dari apa yang mereka kenakan atau bagaimana tatanan rambut mereka."

(bbc/nwk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar