Selasa, 06 Januari 2015

Ngulik Penyebab Gangguan Bipolar

Okezone
Seminar bipolar (Foto: Qalbi/Okezone)
Ngulik Penyebab Gangguan Bipolar
PENYEBAB pasti gangguan bipolar belum diketahui dan beberapa orang terlahir dengan gangguan bipolar yang gejalanya tak terdeteksi selama bertahun-tahun. Kendati demikian, penyebab gangguan bipolar pada seseorang bisa dilihat dari faktor lingkungan dan riwayat keluarga.

Hal itu seperti diungkap oleh Prof.dr. Sasanto Wibisono, SpKJ(K) selaku seorang ahli gangguan jiwa dan psikiatri dari Departemen Psikiatri Fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Dia menjelaskan bahwa dokter tak bisa menentukan gangguan bipolar penyebabnya apa, apalagi mendeteksi apakah anak-anak mengalami bipolar. Sebab, penyebab itu di dunia kedokteran masih belum bisa ditemukan secara pasti.

"Meski tidak bisa dilacak dengan pasti penyebab gangguan bipolar. Secara epidemiologi, gangguan bipolar ditemukan di lingkungan keluaga, entah karena riwayat genetika keluarga ataupun faktor lingkungan si anak mengalami tumbuh kembang. Untuk riwayat genetika sendiri, tidak hanya berpatok pada bipolar saja tetapi bisa juga dari riwayat gangguan jiwa seperti MDD atau skizofrenia. Intinya, selalu ada dua interaksi antara faktor genetika dan lingkungan dari seseorang menderita bipolar,"katanya dalam acara yang bertema Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Dunia 2013 Mental Health in Older Adults : Kendalikan Gangguan Bipolar Sejak Dini agar Kualitas Hidup Tetap Terjaga di Masa Tua, di Hotel Gran Melia, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Oktober 2013.

Ditambahkannya, hal terpenting ialah saat melihat gejala-gejala bipolar pada salah satu keluarga kita, positive thinking saja, yaitu membawa konsultasi dengan dokter. Tujuannya, agar sekalipun terdiagnosa menderita gangguan bipolar kualitas hidupnya di masa depan tetap terjaga atau membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar