Selasa, 16 Juni 2015

Salat Tarawih
Salat Tarawih adalah salat malam yang dilakukan pada bulan Ramadhan, yang pada bulan lain disebut salat tahajud. Hukumnya sunnat muakkad, penting bagi muslim lelaki dan perempuan. Salat tarawih ini dapat dilakukan sendiri, dapat pula berjamaah. Secara umum, kita melakukannnya ba’da salat isya. Dalam ketentuan, salat tarawih dapat dilakukan dalam rentang waktu sesudah isya’ hingga terbit fajar (atau waktu subuh).
Jumlah Rakaat
Dalam praktik sehari-hari, kita kadang melihat ada jamaah yang salat tarawih 20 rakaat, ada pula yang hanya 8 rakaat. Mana yang benar? Tidak ada keterangan pasti tentang jumlah rakaat ini. Semua dikembalikan pada keyakinan masing-masing. Tidak ada yang lebih utama, antara yang 8 atau yang 20. Karena, yang dinilai Allah adalah kekhusyukan kita dalam salat, bukan jumlah salat kita.
Mengenai berapa rakaat yang dilakukan dalam setiap salam, kita juga sering melihat perbedaan. Ada yang dua rakaat salam, ada pula yang empat rakaat salam. Kedua-keduanya diperkenankan. Namun, yang lebih utama adalah yang dua rakaat salam, sesuai sabda Rasulullah saw., “salat malam adalah dua rakaat-dua rakaat” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Niat Salat Tarawih
Niat salat tarawih cukup diucapkan di dalam hati saja. Tidak ada anjuran untuk melafalkannya, apalagi bila pelafalan tersebut mengganggu jamaah lain. Ingatlah, yang paling utama adalah niat tulus beribadah karena Allah.
Adapun niat salat tarawih dua rakat adalah sebagai berikut:
————Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”———-
Artinya: Aku niat shalat Tarawih dua rakaat (menjadi ma’mum/imam) karena Allah Ta’ala.
Doa Salat Tarawih
Dzikir berjamaah di antara jeda salat tarawih, tidak ada tuntunannya dari Rasulullah saw. Yang tepat, dzikir tersebut dilakukan perseorangan, tanpa perlu ada yang memimpin. Mengenai doa setelah tarawih atau di sela-sela tarawih, tidak ada tuntunan dari Rasulullah tentang doa tersebut.
Salat Witir
Salat witir artinya salat dengan jumlah bilangan ganjil, yang dilakukan sebagai penutup salat tarawih (atau salat lail pada umumnya). Jumlahnya tidak memiliki ketentuan khusus, bisa satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, atau hingga sembilan rakaat. Sabda Nabi, “Witir itu hak. Siapa yang suka mengerjakan lima, kerjakanlah. Siapa yang suka mengerjakan tiga, kerjakanlah. Dan siapa yang suka mengerjakan satu, kerjakanlah.” (H.R. Abu Daud dan An-Nasa’i). Adapun pada umumnya, kita melakukan salat witir sebanyak tiga rakaat.
Niat Salat Witir
Niat salat witir adalah sebagai berikut,
——Ushalli sunnatal witri …. lillahi Ta’aalaa’.———
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah witir …. rakaat karena Allah Ta’aalaa’
Doa Setelah Salat Witir
Doa setelah salat witir adalah sebagai berikut,
للَّهُمَّ إِني أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِـمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَـتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْــــنَــــيْتَ عَلَى نَــــفْسِكَ
“Ya Allah, aku berlindung dari kemurkaan-Mu melalui ridha-Mu, aku berlindung dari hukuman-Mu melalui permaafan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak bisa menyebut semua pujian untuk-Mu, sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri.”

سُبْحَانَ الـمَلِكِ القُدُّوْسِ
“Mahasuci Dzat yang Maha Menguasai lagi Mahasuci.” (H.r. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani)
Doa ini dibaca tiga kali dan tidak perlu diberi tambahan, “rabbul malaikati war-ruh”
Bacaan Niat Shalat Tarawih Terlengkap
Cara dan Niat Shalat Tarawih Terlengkap

Cara Mengerjakan Shalat Tarawih Terlengkap

Setelah anda membaca Bacaan Niat Shalat Tarawih diatas maka anda tinggal mengikuti Imam Shalat Tarawih yg dilakukan secara berjamaah di masjid dan anda tinggal mengikuti Bacaan dan Doa Shalat Tarawih tersebut karena biasanya Imam Shalat Tarawih membaca Suratan dan Doa Shalat tarawih secara cepat dan ringkas sehingga anda harus benar – benar mengikuti dg khusyu. Adapun step atau langkah – langkah dlm Tata Cara Mengerjakan Shalat Tarawih seperti dibawah ini yg disuguhkan secara lengkap dan jelas kepada anda.
tata cara shalat tarawih terlengkap
tata cara shalat tarawih terlengkap step 2


tata cara shalat tarawih terlengkap step 3
Untuk tambahaan sajja bahwa Tata Cara Mengerjakan Shalat Tarawih sangat mudah untuk dikerjakan karena dari Gerakan dan Doa Shalat Tarawih sendiri masih sama dg Shalat pada umumnya dan anda tinggal mengikuti Imam Shalat Tarawih dari segi Gerakan dan Doa – Doanya, kemudian untuk menjawab Bilal sendiri anda tinggal ikut mengikuti para jamaah karena jawaban untuk Bilal itu sunnah dan diatas sudah dibuatkan secara lengkap sehingga anda tinggal menghafalkan jawaban Bilan ketika Shalat Sunnah Tarawih.
Kemudiian setellah anda mengerjakan Shalat Tarawih, diusahakan anda jangan sampai lupa dalam membaca Niat Berpuasa untuk besok hari dan setelah itu anda jg disunnahkan untuk membaca Ayat Suci Al Qur’an dan memperbanyak Dzikir karena dibulan Ramadhan banyak sekali pahala yg bisa anda dapatkan.

Keutamaan Sholat Tarawih & Sholat Witir
Kata Tarawih berasal dari bahasa arab yaitu Tarawiiha atau Raahah yang berarti Istirahat. Yakni shalat yang dalam pelaksanaannya setiap dua atau empat rakaat diselingi dengan istirahat sejenak  kemudian dilanjutkan lagi hingga selesai. Sedangkan menurut istilah Tarawih adalah shalat yang dikerjakan pada setiap malam sesudah sholat isya’ di bulan Ramadhan. Hukum sholat Tarawih adalah sunnah muakkad, karena Rasulullah SAW menganjurkan, meskipun sunnah namun wajib dilakukan (tidak dengan perintah keras). Dijelaskan bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan atas kamu berpuasa di bulan Ramadhan dan aku sunnahkan beribadah dimalam harinya, maka barang siapa yang berpuasa dan beribadah di malam harinya dengan penuh keimanan dan berharap pahala Allah, Allah mengampuni semua dosanya di masa lalu”.
Witir menurut bahasa berarti ganjil, yakni sholat yang jumlah rakaatnya ganjil (1, 3, 5, 7, 9, atau 11 rakaat). Shalat Witir dikerjakan minimal satu rakaat dan maksimal sebelas rakaat. Setiap dua rakaat diberi salam dan rakaat terakhir boleh satu rakaat atau tiga rakaat. Jika dikerjakan 3 rakaat maka jangan membaca tasyahud awal agar tidak sama dengan shalat Maghrib. Shalat Witir dikerjakan sepanjang tahu, waktunya setelah shalat Isya’ sampai fajar. Rasulullah bersbda “Witir itu hak, maka siapa yang mengerjakan 5 rakaat kerjakanlah, siapa yang suka mengerjakan 3 rakaat maka kerjakanlah dan siapa yang suka mengerjakan 1 rakaat kerjakanlah” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i dari Abu Ayyub).
Di bulan Ramadhan, shalat Witir biasanya dikerjakan setelah shalat Tarawih. Rasulullah SAW maupun para sahabat mulanya mengerjakan shalat Tarawih secara sebdiri-sendiri, tidak ada keseragaman dan tidak ada ketentuan uang baku. Namun pada pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, tata cara shalat Tarawih diubah dan dibakukan secara berjama’ah. Jumlah rakaat shalat Tarawih ada yang 39 rakaat (36 rakaat tarawih, 3 rakaat witir) ada yang 23 rakaat (20 rakaat tarawih, 3 rakaat witir) dan ada juga yang 11 rakaat (8 rakaat tarawih, 3 rakaat witir). Perbedaan rakaat shalat Tarawih jangan di perdebatkan, kembali pada keyakinan masing-masing saja.
Puasa Ramadhan serta Shalat Tarawih dan Shalat Witir di bulan Ramadhan merupakan satu kesatuan dalam rangkaian ibadah Ramadhan. Oleh karena itu lakukan puasa Ramadhan serta shalat Tarawih dan shalat Witir dengan penuh keimanan dan keikhlasan agar mendapatkan ampinan dari Allah SWT. Amin.

KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH

|Hari|                           Keutamaan                                         |
 1    ::  Bebas dari dosa seperti ketika baru lahir dari rahim ibu.
 2    ::  Diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya jika mereka mukmin.
 3    ::  Didoakan oleh malaikat penjaga Arsy agar diampuni dosanya yang telah lalu.
 4    ::  Diberi pahala bacaan kitab Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an.
 5    ::  Diberi pahala sholat di Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.
 6    ::  Diberi pahala thawaf di Baitullah, dimohonkan ampun oleh semua batu dan pasir.
 7    ::  Diberi pahala pembelaan Nabi Musa As. dari gangguan Fir’aun dan Hamman.
 8    ::  Diberi kemuliaan seperti kemuliaannya Nabi Ibrahim As.
 9    ::  Diberi pahala ibadah seperti pahala ibadah Nabi Muhammad SAW.
10   ::  Diberi karunia oleh Allah SWT kebaikan di dunia dan di akhirat.
11   ::  Bebas dari dosa seperti ketika baru lahir dari rahim ibu.
12   ::  Pada hari kiamat wajahnya akan bersinar seperti cahaya bulan purnama.
13   ::  Pada hari kiamat akan terhindar dari segala kejelekan.
14   ::  Disaksikan oleh dua malaikat agar terbebas dari hisab.
15   ::  Dibacakan shalawat oleh malaikat penjaga Arasy.
16   ::  Dicatat oleh Allah SWT bebas dari api neraka.
17   ::  Diberi pahalanya para nabi.
18   ::  Didoakan oleh para malaikat agar dirinya dan kedua orang tuanya di ridhoi Allah.
19   ::  Diangkat derajatnya oleh Allah SWT sebagai penghuni surga Firdaus.
20   ::  Diberi pahalanya para Asyuhada dan orang-orang shaleh.
21   ::  Dibangunkan Allah sebuah rumah kaca di surga.
22   ::  Pada hari kiamat akan terhinar dari rasa duka dan sesak hati.
23   ::  Dibangunkan Allah sebuah kota di surga.
24   ::  42 Doanya akan dikabulkan.
25   ::  Dibebaskan Allah dari adzab kubur.
26   ::  Diberi paha beribadah selama 42 tahun.
27   ::  Melewati shirat secepat kilat.
28   ::  Diberi pahala Allah dengan 1000 tingkatan di surga.
29   ::  Diberi pahala Allah dengan 1000 kali Haji Maqbul.
30   ::  Allah memberinya makan buah-buahan surga, mandi dengan air salsabil dan minuman air kautsar serta di terima penghambaannya oleh Allah SWT.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar